Latest

Ketika Kata Ma’af Terasa Sulit Untuk Kita Ucapkan

Kali ini saya tidak memposting sebuah cerita, melainkan sebuah pandangan mengenai sebuah hal yang mungkin belum kita mengerti secara mendalam atau lebih tepatnya memahami secara menyeluruh, baiklah saya akan menuliskan sebuah artikel mengenai Kata Ma’af. Kenapa saya memilih judul “ketika kata ma’af terasa sulit untuk kita ucapkan”, karna tidak banyak dari kita yang mau meminta ma’af ataupun mema’afkan secara ikhlas, kebanyakan orang gengsi untuk meminta ma’af disebabkan beberapa hal. “huh, dia kan yang salah, kenapa harus aku yang meminta ma’af duluan”, “kenapa harus meminta ma’af, apakah semua ini salahku”, “untuk apa aku ma’afin dia, dia juga udah nyakitin aku”.
mungkin itulah beberapa yang menggangu kita dalam mengucapkan kata ma’af.

Sebut saja ia dengan nama key, ia dulu pernah mengalami hal-hal yang bisa dikatakan buruk, bagaimana tidak coba?  Dulu, aku punya sahabat yang cukup baik, kami telah bersahabat cukup lama. tetapi persahabatan kami kandas, karna masalah sepeleh yang aku buat*tuturnya. akibat dari sikapku yang gengsi untuk meminta ma’af kepada sahabatku, persahabatan kamipun runtuh*tambahnya. Sikap gengsi untuk meminta ma’af benar-benar merugikan diri kita, yah*tegasnya.
Yah, itulah akibat dari sikap gengsi meminta ma’af, sesuatu yang berharga dari kitapun jadi hilang tak berarti.
Kata Ma’af berarti memohon ampun?Hmmz, lebih tepatnya meminta kasih kepada orang lain. Kenapa demikian?. Mungkin kalian bertanya-tanya kenapa,,,?? Meminta ma’af bukanlah hal yang buruk dan tidak akan menjatuhkan harga diri kita, justru  meminta ma’af itulah yang akan menjadikan diri kita penuh percaya diri dan berkualitas yang mentaburi hidup dengan sikap yang rendah hati terhadap orang lain.
Coba kita bayangkan, dalam kehidupan nyata ini manusia mana yang belum pernah berbuat salah kepada sesama?, pasti pernah berbuat salah?  dan tidak lain, tidak bukan hanya kata ma’af yang terucap
oleh bibir ini.

meminta ma’af kepada orang lain tidak harus kita salah, tidak bersalahpun  juga tidak ada salahnya,kan? Dengan mengawali kata ma’af dapat mempererat persaudaraan yang pernah terputus dengan kita. Jadi untuk apakah anda berani untuk meminta ma’af,,??.
sahabat yang berbahagia, apakah sangat sulit untuk meminta ma’af terhadap sesama, apalagi terhadap keluarga, teman, dan orang yang terkasih.!. Dan apakah sangat berat bibir ini untuk mengucapkan kata ma’af? Juga sebaliknya, apakah berat untuk kita mema’afkan? Yap, mulai dari sekarang cobalah untuk belajar mengucapkan kata ma’af dan mema’afkan agar persaudaraan terhadap manusia dimuka bumi ini tetap terjaga.

Dengan ma’af kita lebih bisa meningkatkan rasa percaya diri, kenapa? bisa dipastikan, orang yang sulit mengucapkan kata ma’af kurang percaya diri sehingga akan menimbulkan sikap gengsi.
Dari artikel diatas dapat disimpulkan bahwa ma’af bukanlah sesuatu yang dapat menjatuhkan harga diri kita, bukanlah sesuatu yang negative dan bukanlah sesuatu yang dapat merusak hati kita. Kata Ma’af adalah meminta kasih terhadap sesame, agar semua yang pernah terjadi perselisihan dapat diperbaiki. Selamat mancoba,?

Sekian dan terima kasih.

No comments:

Post a Comment

Tulisanku Designed by Templateism.com Copyright © 2014

Theme images by Bim. Powered by Blogger.