Latest

Surat untuk ibu tercinta

Surat untuk ibu tercinta

                                                                                                                                              Jakarta, 5 oktober 2014

Assalammu ’alaikum wr wb.
Ibu apa kabar disana? Semoga baik-baik saja, Amieen. Kuliah saya disini bu, lagi sibuk ama tugas dari dosen numpuk nggak ketulungan. Oh, yah bu? Saya disini banyak pengalaman yang saya alami, mulai dari nge-khost disini, saat kuliah, dan kerja disini. teman-temanku juga sangat baik bu,salah satunya jono teman baik aku sekaligus teman kerja)… Ibu yang punya khost-annya juga baik . ibu nggak, usah khawatir soal pergaulan anak muda jaman sekarang, aku bakalan jaga diri de bu, kan aku inget pesan ibu. “Jangan pernah makai narkoba, jangan pernah cipika-cipiki ama cewek, kalau bisa jangan pacaran dulu. Kalau udah selesai kuliah, baru boleh pacaranya. Tapi yang bener pacarannya. Kalau bisa jangan merokok, yah? Hindari temen cewek yang nakal, carilah temen yang baik-baik. Jangan pernah main judi, jangan berkelahi disana. Kalau bertemen, bertemanlah dengan orang yang tepat. Jangan pernah nyakitin perasaan teman, kalau berteman saling tolong-menolong, saling menjaga”.(..) pesan ibu selalu aku ingat bu? Biar aku bisa deket terus ama ibu(hehehe).
emang, yah bu? Kalau menimbah ilmu tu juga capek, banyak tugasnya. Huh! Udah jam 10 lewat, waktunya untuk tidur ni? Tapi bu, ada cerita yang mau aku sampein ama ibu, waktu aku disini. yah, kalau kita perantau bakal banyak pengalaman yang kita dapet dari hal-hal yang pernah kita alami dan yang belum pernah kita alami. Gini bu, ceritanya :
Pada waktu itu kan bu, aku Cuma kuliah aja nggak kerja?yah, tapi aku nyari cara bagaimana biar bisa nambahin uang, nggak Cuma nunggu kiriman dari ibu, kan kalau ibu nggak ada uang, aku ada! dari hasil kerja. Biar nggak telat bayar semester-an kuliah. aku kerja disini , kan bu? Aku masih bingung mau ngapain, Yah, namanya juga baru pertama kali nyari uang?, waktu itu bu, aku belum kenal ama si jono. Kenal ama jono tu, waktu istirahat ditempat kerja? Buat makan siang. Nah, disana aku jumpa dengannya jadi kenalan de! Yang nggak disangka. Dia juga kuliah ditempat sama denganku. Emang si waktu itu pernah ketemu tapi nggak saling negur. Yah, soalnya belum kenal dan juga belum akrab betul.   aku tu bu kerjanya di perusahaan shop and fashion, yah biar keren, kan pake’ bahasa inggris tu. aku waktu itu jadi pramuniaga dapet shif siang, kan aku kuliahnya malem.jadi pas de?tugas dari pramuniaga tu tukang jagain barang-barang dagangan gitu bu, pembelinya tu. Banyak bu? Ada yang cemberut, pendiam, pemarah dan ada yang bingung sendiri. Huh!yang mau beli siapa? Yang bingung siapa, kan lucu bu. Hehe, yah begitulah namanya juga orang. Seribu kepala, seribu watak)….
kerjanya, capek bu? Nggak boleh duduk saat kerja. Harus selalu stand by ditempat, istirahatnya Cuma setengah jam. Huh capek capek?. Tapi aku baru sadar bu,kalau nyari uang memang susah. Waktu kecil Cuma bisa minta uang ama ibu. Sekarang, kan udah dewasa nggak mungkin masih minta ama ibu?. Ma’af yah bu? Kalau waktu kecil aku pernah maksa minta uang. Nggak mikir kalau ibu susah banget nyari uang. Ma’af de. Aku bener-bener minta ma’af yah, bu?.
gaji disini, cukup gede bu. Lebih sekedar cukup buat nambahin biaya keseharian ama ongkos taksi dan bahan makanan. Juga bisa untuk nge-tutupi biaya kuliah yang nunggak. Yah, walau jadi pramuniaga Cuma jagain barang yang penting, kan ada gaji(hehehe…
semakin lama aku kenal ama jono makin akrab gila bener, dia orangnya baik bu. Nggak banyak ulah kayak anak muda lain. Dia orangnya bamong(banyak omong), setiap istirahat selalu aja ada bahan untuk diomongin dari yang nggak penting ampe yang bener-bener nggak penting. Hehehe
setelah kami akrab, kami selalu berbagi pengalaman, saling bantu apalagi soal tugas kuliah. Namanya kita berteman kan? Saling bantu, bener nggak bu!.

Sewaktu ketika aku pernah dikeluarin dari ruangan karna telat, pas banget bu? Dosennya galak banget, tapi bukannya dosennya yang salah, tapi sebenarnya ia ingin mahasiswanya, bener-bener displin dan mematuhi aturan tata tertib.
waktu itu kan, aku lupa benerin jam weker agar bangun tepat waktu. Alhasil, kesiangan de?mana, ojek yang aku tumpangi bannya pecah lagi. Huh! Bener-bener hari yang menyebalkan bu. Jadinya, telat de masuk ruangan. Hadeh. Tapi itu bukanlah tentang hari kesialan bu, melainkan keteledoran kita sebagai manusia.
tapi aku, janji sama ibu. Bakal dapetin nilai yang mengesankan. Agar uang yang ibu kirimin buat aku jadi berharga. Sebenarnya bu, setelah selesai kuliah aku pengen buat usaha sendiri. Biar bisa membuka lowongan kerja buat orang lain. Yah, walau usahanya masih kecil, kalau kita ulet dan penuh percaya diri. Aku yakin de usahanya bisa berkembang pesat. Mimpi dapet berubah jadi kenyataan seraya kita yakini. Itulah bu, beberapa pengalaman yang aku dapetin walau nggak terlalu penting tapi lumayan menyenangkan bukan? Hidup bakal jadi indah jika terisi dengan pengalaman.
udah dulu, yah bu! Minggu depan mungkin aku bakal sibuk lagi, soalnya bakal ujian lagi. Jadinya, nggak bisa sering-sering kirim suratnya. Semoga ibu disana sehat selalu! Do’aku akan selalu mengiringimu,bu? Dan aku yakin do’amu akan selalu mengiringiku juga.


Salam manis


Anak tercinta
                                                                                                                                                                                                                                              Penulis


No comments:

Post a Comment

Tulisanku Designed by Templateism.com Copyright © 2014

Theme images by Bim. Powered by Blogger.