Latest

Mengoptimalkan Fungsi Otak :How to?

Tentunya kita pasti ingin mengoptimalkan fungsi otak kita, 
agar otak dapat bekerja dengan maksimal. Otak mempunyai ribuan dan bahkan miliaran sel, dapat dibilang otak mempunyai daya pikir yang tak terbatas. Tetapi, tidak semua otak manusia yang dapat bekerja secara maksimal. Dikarnakan sel-sel otak manusia yang tidak bekerja  secara maksimal. Hmmz, itulah mengapa? manusia dibedakan secara berkelompok: ada yang pintar dan bodoh. Sebenarnya, manusia adalah makhluk yang sempurna diatas segala makhluk dimuka bumi, Tidak ada yang bodoh melainkan hanya kinerja otak yang bekerja tidak maksimal. Otak yang tidak pernah dilatih dapat menyebabkan kinerja fungsi otak menurun. 

Bagaimana cara melatih otak agar dapat bekerja secara maksimal? Ada salah satu cara yang dapat memaksimalkan kinerja otak yaitu dengan senam otak atau brain gym.
Apa itu senam otak atau brain gym? 

“Brain gym adalah suatu gerakan-gerakan yang disusun sedemikian rupa untuk mengoptimalkan kemampuan otak seseorang, mempertajamkan daya ingat dan meningkatkan konsentrasi, sehingga otak dapat bekerja secara maksimal.”

Senam otak sudah dikenal dinegara asing bahkan indonesia sudah mengenalnya dan sekarang menjadi perbincangan,apalagi para guru?guru berperan penting selain orang tua untuk membantu meningkatkan kinerja otak anak. 
Gerakan-gerakan senam ringan yang dilakukan melalui olah tangan dan kaki, dapat memberikan rangsangan atau stimulus ke otak. Stimulus itulah yang dapat meningkatkan kemampuan kognitif seperti kewaspadaan, konsentrasi, kecepatan, dalam proses belajar, memori, pemecahan masalah dan kreativitas. 

senam otak ini juga bisa membantu meningkatkan kecerdasan anak, meningkatkan kepercayaan diri, menangani anak yang mengalami masalah dalam proses belajar mengajar. 

Selain itu senam otak juga sering digunakan untuk terapi beberapa gangguan pada anak-anak seperti hiperaktif, gangguan pemusatan perhatian, gangguan emosional, sindrom pada bayi dan gangguan kemampuan belajar.

Berikut gerakan-gerakan brain gym :





Gerakan seperti ini dapat meningkatkan konsentrasi, dikarnakan otak akan berfokus pada gerakan yang dilakukan.
sehingga kosentrasi dapat meningkatkan. lalukan gerakan seperti ini sebelum belajar lebih kurang selama 5 menit. agar proses belajar dapat terbantu.



Selain dari gerakan brain gym atau senam otak, adapun aktivitas yang dapat meningkatkan kinerja otak dan memori otak.
diantaranya :

Bermain game
Ketika kita bermain game, video game itu dapat meningkatkan kepekaan indera, membuat kita cepat tanggap, mampu merespon dengan cepat. Apalagi video game strategi, petualangan dan teka-teki, game tersebut dapat meningkatkan daya pikir kita tentang pemecahan masalah dan solusi. akan tetapi bermain gamelah yang bijak, bukan game yang berbau negatif dan sebaiknya tidak lupa waktu, ada saatnya kita berhenti dan bermain lagi. sarannya: aturlah jadwal anda sehari-hari. game hanya untuk refreshing saja.

Belajar
Mencari topik yang menarik dengan tujuan meningkatkan pengetahuan. Ini akan meningkatkan memori jangka panjang dan meningkatkan penyimpanan cadangan kognitif.

Beristirahat.
Meluangkan waktu untuk beristirahat selama 15 menit atau lebih untuk tidur siang akan meningkatkan memori Anda. Tidur siang juga memperbaiki suasana hati, memulihkan konsentrasi dan fokus, dan meningkatkan kreativitas.

Bermain
Permainan menyusun balok bisa meningkatkan keterampilan jari tangan. Permainan ini telah terbukti dapat meningkatkan kelincahan baik mental dan fisik. 



Musik Musik dapat meningkatkan kemampuan kinerja otak.Mendengarkan atau Memainkan alat musik dapat meningkatkan kinerja otak kanan.
 
Sekian atas postingan kali ini. diucapkan terima kasih

Sumber : Wolrd Ryanz

No comments:

Post a Comment

Tulisanku Designed by Templateism.com Copyright © 2014

Theme images by Bim. Powered by Blogger.