Latest

Olahraga Dapat Membantu Atasi Musim Flu

Anda pasti sudah mengetahui bahwa olahraga baik untuk tubuh Anda, tapi sayangnya banyak orang tidak cukup melakukan aktivitas fisik. Sebuah studi baru para ahli dari Iowa State University Amerika Serikat menemukan bahwa "musim flu" mungkin menjadi waktu yang baik untuk memulai olahraga teratur. Studi ini menemukan bahwa olahraga dapat menggandakan perlindungan tubuh terhadap flu.
Para ilmuwan dan dokter setuju bahwa cara terbaik untuk melindungi diri terhadap flu adalah dengan menerima vaksin flu. Namun, keberhasilan vaksinasi flu terhadap infeksi dapat berkisar dari 50 sampai 70 persen, tergantung pada jumlah antibodi yang dihasilkan setiap orang. Secara umum, semakin banyak tubuh menghasilkan antibodi, maka semakin baik tubuhnya dalam melawan influenza. Karena ada beberapa orang yang secara alami memproduksi antibodi lebih banyak dari yang lain, maka para peneliti ingin mengetahui apakah orang bisa melakukan upaya untuk meningkatkan kekebalan tubuh mereka.

Para peneliti melakukan eksperimen dengan memberi suntikan vaksinasi flu pada peserta, yang sebagian besar adalah mahasiswa. Setelah itu, sebagian dari mereka diminta untuk duduk diam selama 90 menit. Sedangkan peserta lain diminta untuk melakukan jogging selama 90 menit atau bersepeda selama 15 menit. Sebulan kemudian, para peneliti mengukur antibodi keseluruhan peserta, mereka menemukan bahwa kelompok yang melakukan aktivitas fisik memiliki antibodi hampir dua kali  lipat dibandingkan dengan yang tidak melakukan.

Penelitian ini juga dilanjutkan pada uji laboratorium yang dilakukan pada tikus. Para peneliti memberikan vaksin flu kepada tikus, lalu tikus tadi dibagi menjadi tiga kelompok, satu kelompok melakukan aktivitas fisik selama 45 menit, kelompok kedua selama 90 menit, dan kelompok ketiga selama 3 jam.
Menariknya, kelompok tikus ketiga-lah yang memiliki antibodi paling rendah, karena terlalu banyak berolahraga. Kelompok pertama pun memiliki antibodi yang lebih rendah dibandingkan kelompok kedua, karena belum cukup berolahraga. Sehingga para peneliti menyimpulkan 90 menit lah waktu yang paling cukup.


Meskipun demikian, jangan diartikan kita harus berolahraga selama 90 menit untuk memperoleh antibodi yang lebih kuat. Sebuah studi tahun 2007 yang dimuat jurnal Behavior and Immunity menyarankan olahraga teratur lah yang paling baik untuk meningkatkan antibodi. Dibuktikan, mereka yang berolahraga teratur lebih baik antibodinya dibanding mereka yang baru melakukan olahraga sebelum menerima vaksinasi flu.

Sumber : www.kompas.com

No comments:

Post a Comment

Tulisanku Designed by Templateism.com Copyright © 2014

Theme images by Bim. Powered by Blogger.