TIPS : MENGATASI VIRUS MASUK KE FLASHDISK




Sebelumnya akan saya jelaskan terlebih dahulu kenapa virus-virus yang awalnya terdapat di komputer bisa cepat menyebar ke flashdisk. Sumber permasalahannya adalah fitur autorun yang ada di Sistem Operasi Windows. Jadi, hati-hati saja bagi anda yang pengguna komputer dengan sistem operasi Windows.

Sebenarnya, autorun yang ada sejak era Windows XP memiliki niat baik, yaitu memudahkan pengguna. Setiap kali kita memasukkan media eksternal (baik CD/DVD atau flashdisk), file autorun.inf di dalam media eksternal tersebut langsung berjalan agar isi di dalamnya bisa langsung dimainkan. Contohnya ketika Anda memasukkan CD musik, Windows langsung menjalankan Windows Media Player atau Winamp.

Namun niat baik tersebut ternyata dimanfaatkan para pembuat virus untuk menularkan virus. Dengan memodifikasi file autorun.inf, virus bisa langsung berjalan dan menularkan program jahat setiap kali flashdisk tertancap di komputer. Bisa pula sebaliknya, komputer langsung menularkan virus file autorun.inf ke setiap flashdisk yang pernah tertancap.

Bagaimana cara mengatasinya?
untuk mencegah penyebaran infeksi virus, prinsip kerja cukup sederhana. Dari sisi komputer, menjaga supaya file autorun tidak perlu berjalan, sedangkan dari sisi flashdisk, pastikan autorun tidak pernah bisa di modifikasi.
Untuk bisa melakukan itu semua caranya sangat mudah dengan memakai aplikasi sepertiBitDefender Immunizer atau Panda USB Vaccine. Kedua aplikasi ini akan melindungi komputer/PC maupun flashdisk dari penularan virus.

Cara menggunakannya setelah anda download, maka langsung saja anda jalankan atau double click aplikasi tersebut, secara otomatis akan deteksi fasilitas autorun di komputer apakah aktif atau sudah off, jika masih aktif, aplikasi tersebut akan memberikan opsi untuk mematikan fasilitas autorun dan sebaiknya anda lakukan.

Jika sudah selesai, kini anda tinggal colokkan flashdisk anda yang hendak anda kebalkan, pilih flashdisk dari menu yang ada, kemudian tekan Immunize atau Vaccine, seketika file autorun.inf di flashdisk akan diganti dengan yang baru dan sekarang sudah kebal dari virus. Jangan panik, file-file atau data yang sudah ada di flashdisk anda tidak akan di ubah oleh aplikasi itu.



Klik untuk Download







0 komentar:

Poskan Komentar

 
Top